Apa Yang Dimaksud Dengan Visitor, Unique Visitor, Pageview, Bounce Rate Dan Average Time On Site dan Bagaimana Cara meningkatkannya? Jika Anda memiliki website / blog atau berencana untuk berbisnis online, maka beberapa istilah “Traffic / Pengunjung Website” di internet berikut ini sangat perlu Anda pahami.
Yang menjadi perbedaan mendasar terdapat pada 3 istilah ini, yaitu : Visitor, Unique Visitor, dan Pageview.
Dimana bahwa jumlah Unique Visitor tidak mungkin melebihi jumlah Visitor, dan jumlah Visitor tidak mungkin bisa melebihi jumlah Pageview dari sebuah blog / website. Jumlah Pageview pasti selalu lebih banyak dari jumlah Visitor, kecil kemungkinan jumlahnya bisa sama, walaupun bisa saja terjadi.
Berikut ini akan saya jelaskan satu per satu pengertian Visitor, Unique Visitor, Pageview, Bounce Rate Dan Average Time On Site:
1. Visitor
Visitor adalah pengunjung yang sedang membuka blog / website kita, baik membuka karena sengaja, maupun membuka karena kebetulan.
Statistik ini menunjukkan seluruh jumlah kunjungan yang terjadi. Jadi satu pengunjung atau satu IP address dapat terhitung beberapa kali sebanyak kunjungan yang terjadi.
Setiap 1 Visitor pasti menghasilkan 1 pageview (halaman yang sedang dilihat). Jika 1 Visitor tersebut tertarik dengan artikel-artikel lain yang ada di blog kita, maka kemungkinan besar Visitor tersebut akan menghasilkan lebih dari 1 Pageview.
Sebuah website dengan artikel-artikel yang bagus dan bermanfaat pasti membuat Visitor berlama-lama singgah di blog tersebut, sehingga
tentu saja menghasilkan banyak Pageview.
2. Unique Visitor
Unique Visitor adalah Jumlah pengunjung dari satu IP dalam kurun waktu tertentu. Jumlah Unique Visitor merupakan indikator penting keberhasilan sebuah website. Semakin tinggi jumlah Unique Visitor, semakin besar pula potensi kesuksesan yang dicapai dari sebuah website. Ini juga berpengaruh bagus pada ranking website (alexa rank).
Jadi, Anda sudah mengerti arti Unique Visitors maupun Visitor. Berikutnya adalah tentang Pageview.
3. Pageview
Apa itu Pageviews di blog? Pageview adalah jumlah halaman yang dilihat oleh Visitor.
Seperti pengertian di atas, 1 Visitor sudah pasti menghasilkan 1 Pageview. Jika 1 Visitor tersebut membuka 4 artikel di blog anda, maka jumlah Pageview akan berubah menjadi 4, tetapi jumlah Visitor masih tetap sama yaitu 1.
Jadi, semakin banyak Visitor, memungkinkan sebuah website / blog mendapatkan banyak Pageview.
4. Bounce Rate
Pengertian Bounce Rate adalah rata-rata angka persentase antara tingkat kunjungan dengan Pageviews.
Artinya antara jumlah Visitor dibagi kunjungan tiap halaman dalam jangka waktu tertentu. Mengapa dalam jangka waktu tertentu? Karena ini berhubungan dengan sistem perankingan google yang disebut Pagerank.
Sebagai contoh jika terdapat Visitor 40 per hari dengan Pageviews 75, maka rumus hitungannya adalah 40/75 = 53,33%.
Jadi Bounce Ratenya adalah 53,33%. Pertanyaannya sekarang, manakah yang lebih bagus Bounce Rate tinggi atau rendah?
Jawabannya adalah jelas bagus yang rendah. Karena jika misalnya Pageviews lebih banyak, yaitu kita ubah menjadi 200, maka Bounce Rate menjadi = 20%.
Apakah arti dari angka-angka diatas? Jumlah Visitor 40 orang dengan bukaan halaman sebanyak 75 berarti seorang Visitor membuka tidak lebih dari 2 artikel. Sedangkan ilustrasi kedua, yaitu jumlah Visitor 40 dengan Pageviews 200 berarti rata-rata 1 Visitor membuka 5 artikel.
Kesimpulannya arti Bounce Rate adalah pengunjung yang hanya datang untuk melihat satu halaman di website Anda dan langsung “memantul” (bounce) keluar dari website Anda tersebut.
Semakin tinggi nilai Bounce Rate Anda mengindikasikan sebagian besar pengunjung Anda tidak menemukan apa yang mereka cari di Website Anda. Ini tentu saja berhubungan dengan apa yang dibutuhkan dari si pengunjung dan kualitas artikel yang ditawarkan oleh blog tersebut.
5. Avg. Time On Site
Avg. Time On Site adalah rata-rata waktu yang dihabiskan oleh Visitor saat berada di website Anda. Semakin tinggi durasi Visitor yang singgah di website Anda, maka target sebuah website bisa dikatakan tercapai, karena menyediakan informasi yang berbobot dan relevan dengan apa yang dicari oleh Visitor tersebut.
Bagaimana Meningkatkannya?
Ada banyak cara untuk meningkatkan pageviews, namun kebanyakan blogger tidak sadar atau bahkan hanya mengabaikannya saja. Bagi Anda yang memang niat agar artikelnya banyak dibaca pengunjung, silahkan ikuti 5 tips meningkatkan pageviews yang penting untuk Anda pelajari:
1. Gunakan Program Traffic Exchange Untuk Mendatangkan Kunjungan
Traffic exchange ialah program pertukaran kunjungan otomatis yang telah dibuat oleh situs traffic exchange. Diantara member yang telah terdaftar traffic exchange akan saling mengunjungi melalui situs perantara tersebut. Untuk menjaga agar blog tetap mendapatkan kunjungan, anda perlu menggunakan traffic exchange. Disini anda bisa mengatur jumlah kunjungan sesuai kebutuhan blog dengan poin yang anda kumpulkan. Untuk lebih jelasnya silahkan baca
Cara Meningkatkan Kunjungan Blog 216 Kunjungan 1x Klik Dalam 1 Jam 100% Gratis.
2. Link Internal di Setiap Artikel
Link internal adalah sebuah link pada anchor teks di posting kita yang berkaitan dengan artikel yang kita tulis. Link internal di dalam postingan menjadi salah satu cara yang banyak dipakai untuk menaikkan page views. Link internal antar artikel yang efektif dilakukan berdasarkan tag/keyword dan tingkat relevansi antar artikel, karena apabila pembaca tertarik dengan satu artikel, kemungkinan juga akan tertarik dengan artikel-artikel lain yang terkait. Usahakan posting-posting yang kita buat menggunakan link-link internal yang sudah ada sebelumnya. Link internal ini juga akan mendorong pembaca menemukan posting terkait dengan konsep atau topik yang sedang dibicarakan dalam sebuah posting. Contohnya bisa Anda lihat pada artikel-artikel yang biasa saya tulis.
3. Gunakan Widget Artikel Populer
Meletakkan widget artikel populer/popular post juga merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan pageviews. Gunanya adalah untuk memberitahukan kepada pengunjung mana tulisan-tulisan yang paling populer di blog ini. Dengan begitu mereka akan lebih terbantu untuk membuka tulisan yang populer tersebut. Usahakan meletakan widget ini di sidebar kiri / kanan yang paling menonjol/terlihat oleh pengunjung, jangan diletakan di sidebar bawah.
4. Menulis Artikel Kompilasi
Jika anda sering menulis artikel-artikel berkualitas di blog, mengapa tidak mengompilasikannya dalam bentuk daftar pada satu postingan? Misalnya daftar artikel dengan judul "20 Artikel Terbaik DAW-XP Tahun 2010?" mungkin akan menarik pengunjung untuk membuka keseluruhan artikel yang sengaja kami highlight untuk bacaan akhir tahun 2010. Atau jika gemar menulis topik SEO, alangkah lebih baik apabila pada periode tertentu kita kompilasikan menjadi satu artikel daftar handy tutorials mengenai tips dan trik SEO.
5. Tampilkan Daftar Artikel Terkait
Hampir sama dengan link internal, tetapi post-post yang berhubungan ditampilkan dalam daftar tersendiri. Jika pembaca mengklik posting-posting terkait tersebut, otomatis pageviews blog kita akan bertambah. Jika anda menggunakan hosting blogger/blogspot sebaiknya gunakan javascript saja untuk penghematan kecepatan blog Anda.
6. Submit Artikel Anda ke Social Bookmark
Pasti Anda sudah tahu apa itu social bookmark. Social bookmark bisa mendatangkan traffic yang banyak. Sekali artikel Anda di submit ke social bookmarking, maka pengunjung akan berdatangan dengan sendirinya karena melihat artikel Anda yang bermanfaat tadi. Satu artikel saja sudah bermanfaat, bagaimana artikel lainnya?